Pertemuan Uskup Se-Sumatera

Category: Informasi Published: Friday, 29 November 2013

Pertemuan dengan Uskup Se-Sumatera di Komunitas Postulat BM

Pertemuan Para Uskup,para Imam, Biarawan dan Biarawati Yang saya tangkap dari judul diatas, bahwa kejutan merupakan sesuatu yang mengagetkan diri kita. Namun sesuatu apa yang mengagetkan dari Tuhan itu ! Dari komunitas Bruderan Budi Mulia di Pangkalpinang ada sesuatu yang luar biasa pada tanggal 27-April- 2009, adanya pertemuan para Uskup regio Sumatera bersama imam, biarawan dan biarawati. Para Uskup ada 7 orang dari 6 keuskupan regio Sumatra, para imam dan biarawan dan biarawati kurang lebih ada 65 orang.

    Ini baru pertama kali terjadi di rumah komunitas Budi Mulia Pangkalpinang dikunjungi dan dijadikan tempat pertemuan para Uskup dengan Imam, Biarawan, Biarawati. Bruder Hubertus Nadapdap, BM sebagai Pimpinan Komunitas, tentu sangat berperan sekali dengan kehadiran para Uskup, sehingga harapan komunitas Bruderan Budi Mulia semakin dikenal. Apalagi Bruder Hubertus bertemu dengan mantan muridnya yang kini menjadi Uskup (Mgr. Ludovicus Simanulang, OFM Cap), tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Bruder Hubertus. Kami (Postulan) begitu sibuknya sehari sebelumnya untuk mempersiapkan kedatangan para Uskup dibantu oleh Sr. Lusi, KKS dan Sr. Petra, KKS. Mulai dari menyiapkan tempat, merangkai bunga, menghias meja untuk para Uskup, menyiapkan jamuan makan malam, bersih-bersih. Itu semua terbayar dengan kehadiran para Uskup, para Imam, Biarawan/ Biarawati. Kedatangan para Uskup terlambat yang semula dijadwalkan pukul 18.00 wib terlambat menjadi pukul 19.00 wib, sehingga sebelum acara dibuka, diawali dengan jamuan makan malam.

    Setelah itu acara dilanjutkan dengan cerita singkat berdirinya komunitas Bruderan Budi Mulia di Pangkalpinang oleh Bruder Hubertus, dan diperkenalkan juga Bapak Pendiri Kongregasi Bruder-Bruder Santa Maria di Lourdes Stefanus Modestus Glorieux , seorang Imam Projo jadi (jangan main-main!) begitu ungkapan Bruder Hubertus dengan gayanya yang khas, disambut gelak tawa oleh semua tamu, karena para imam yang hadir kebanyakan imam projo. Selanjutnya para Uskup dari masing-masing keuskupan memperkenalkan diri, dan menyampaikan perkembangan umat di keuskupan masing-masing. Pertemuan ini memang sangat singkat sekali. selesai kurang lebih pukul 22:00 wib. Para Uskup ini mengadakan pertemuan tahunan, kebetulan pada tahun ini tempatnya di Pangkalpinang dan pertemuan mereka sendiri tempatnya di Kebun Sahang. Pada tanggal 29-April-2009 sore hari, kami (postulan) bersama Bruder Hubertus mengikuti perayaan ekaristi bersama dengan para Uskup di Katedral St. Yosep.

pertemuan

1) Mgr. Andreas Henrisoesanto, SCJ, Uskup dari Keuskupan Tanjung Karang.

2) Mgr. Martinus Dogma Situmorang, OFM,Cap, Uskup dari Keuskupan Padang.

3) Mgr. Aloysius Susarso, SCJ, Uskup dari Keuskupan Agung Palembang.

4) Mgr. Pius Datubara , OFM, Cap, Uskup Emeritus Keuskupan Agung Medan.

5) Mgr. Hilarius Moa Nurak, SVD, Uskup dari Keuskupan Pangkal Pinang.

6) Mgr. Ludovicus Simanulang, OFM, Cap, Uskup dari Keuskupan Sibolga.

7) Mrg. Ancietus Sinaga, OFM, Cap, Uskup dari Keuskupan Agung Medan.

Hits: 30358

Statistic

Articles View Hits
138458

Web Links